May 7, 2021
Call us: +62431-321845, +62431-321846, +62431-321847
kasus-covid-19-di-sulut-melonjak-ini-tanggapan-pengamat-kesehatan

Kasus Covid-19 di Sulut Melonjak, Ini Tanggapan Pengamat Kesehatan

Provinsi Sulawesi Utara mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang cukup signifikan.

Hal itu mendapat tanggapan dari pengamat kesehatan Epidemolog sekaligus Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Manado Jonesius Manoppo, Senin (26/4/2021).

Ia mengakui bahwa memang akhir-akhir ini penerapan protokol kesehatan sepertinya melonggar.

“Aktivitas masyarakat di tempat umum tidak lagi mengindahkan penjagaan jarak, bahkan pengawasan terhadap penggunaan masker, pemeriksaan suhu tubuh dan sarana mencuci tangan sudah mulai hilang,” ungkap Manoppo.

Lanjutnya, karena berkurangnya kewaspadaan dan kesiap-siagaan masyarakat untuk mencegah penularan covid ini bisa jadi akibat penetapan beberapa daerah menjadi zona orange dan kuning sehingga ada rasa aman.

Demikian juga dengan kegiatan vaksinasi yang ramai dilaksanakan sekarang ini menimbulkan persepsi di masyarakat bahwa keadaan sudah aman.

“Padahal masih butuh banyak usaha untuk mencapai cakupan sasaran yang dibutuhkan sehingga kekebalan masal bisa diperoleh,” ucapnya.

Kasus yang ada saat ini apabila ditindaklanjuti dengan tracing dan test yang memadai maka akan ditemukan lebih banyak lagi kasus baru dalam beberapa saat kedepan.

Lonjakan ini sebaiknya diikuti dengan kewaspadaan dan kesiapsiagaan semua pihak, mengaktifkan kembali protokol kesehatan sebagai standar hidup normal yang baru akan membantu meredam penularan.

Sambil itu tetap mengusahakan agar vaksinasi berjalan dengan lancar untuk mencapai target sasaran secepatnya.

Ia menyampaikan bagi masyarakat sebaiknya tetap sadar bahwa pandemi masih berlangsung.

Peluang untuk tertular dan menularkan masih sangat besar, terutama di kelompok yang belum divaksin.

Dan yang tidak kalah penting ialah, media senantiasa melaksanakan tugas mulianya dalam memberikan pencerahan dan terus mengingatkan masyarakat, mengenai pentingnya protokol kesehatan.

“Karena ketika terdistraksi dengan fenomena yang lain maka perhatian juga teralihkan.

Akibatnya masyarakat kembali tidak patuh,” tandasnya.


Artikel ini telah tayang di TribunManado.co.id dengan judul Kasus Covid-19 di Sulut Melonjak, Ini Tanggapan Pengamat Kesehatan, https://manado.tribunnews.com/2021/04/26/kasus-covid-19-di-sulut-melonjak-ini-tanggapan-pengamat-kesehatan?page=2.
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: David_Kusuma