October 25, 2020
Call us: +62431-321845, +62431-321846, +62431-321847
pemkab-minut-teken-mou-dan-moa-bersama-unima

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) bersama Universitas Negeri Manado (Unima) melakukan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dan penandatanganan nota perjanjian Memorandum of Agreement (MoA), Rabu (18/10/2020) di kantor Bupati.

Menurut Pjs Bupati Kabupaten Minut, Clay JH Dondokambey SSTP MAP, Pemkab Minut bersyukur pada Tuhan karena hari ini boleh digagas terkait penandatanganan nota kesepahaman MoU sekaligus penandatanganan nota perjanjian MoA.

“Terima kasih kepada ibu Rektor Unima Prof Dr Deitje Katuuk MPd dan seluruh jajaran, Dekan, dan begitu banyak Guru besar boleh menghadiri langsung bisa bersama-sama mengadakan MoU tapi boleh ditindaklanjuti dengan MoA dengan para Perangkat Daerah,” ucap Clay.

Dilanjutkannya, itu artinya membuka kerjasama dengan Civitas Akademika Unima dalam kaitan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang akan memberikan banyak sekali sumbang saran, sumbang pikiran bahkan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten Minut dalam melaksanakan program kerja pada tahun-tahun kedepan.

“Jadi kita MoUnya sampai dengan lima tahun ke depan, harapan saya kepada Jajaran Perangkat Daerah ini kemudian dapat dielaborasi kedalam program kegiatan yang akan ditetapkan nanti ketika akan direncanakan dalam APBD tahun 2021, artinya sumbang saran dan kajian-kajian yang akan diberikan oleh Unima termasuk pendampingan dan pengabdian kepada masyarakat ini kita manfaatkan, karena organisasi yang baik itu organisasi yang menerima masukan dan pertimbangan serta kajian dari luar, itu organisasi yang sehat, kita ini organisasi yang besar,” jelas Clay.

“Pemkab Minut sangat butuh pemikiran-pemikiran dari para akademisi dan lembaga pendidikan tinggi yang memang mereka mempelajari, menganalisa, kemudian memberikan kontribusi kepada Pemerintah Daerah untuk pembangunan kedepan. Apalagi kita tahu Minut daerah yang sangat berkembang dengan segala potensi, nah kita butuh. Biasanya kita dalam rumah kita melihat dalam spot kecil tetapi dengan adanya kerjasama dengan Unima ini istilahnya dari outsider pemerintah, dapat memberikan sumbang saran karena mereka melihat lebih luas dengan sudut pandang yang lebih jelas,” sambungnya.

Sementara Rektor Unima, Prof Dr Deitje Katuuk MPd, menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemkab Minut yang sudah bersedia untuk menjalin kerjasama dan sudah melaksanakan penandatanganan MoU dan MoA.

“Dalam arti kita akan sampai pada tindakan bahkan juga action nanti implementasi dari pada MoU yang kita lakukan yaitu dalam bidang tridharma Perguruan Tinggi baik dalam pendidikan, pengajaran, dalam penilitian, dan pengabdi masyarakat. Kami juga sangat berterima kasih karena kami diberi wadah nanti, mungkin kita punya pemikiran-pemikiran, kita punya SDM untuk bersama membangun secara sinergitas antara Pemkab Minut bahkan juga Pemprov Sulut, kami sangat concern untuk kami bersama membangun daerah yang kita cintai ini dengan kita bersama dalam membangun memberi pemikiran-pemikiran bahkan juga melakukan riset-riset bahkan juga implementasi dalam pengabdian kepada masyarakat,” kata Katuuk.

Turut hadir Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Staff Khusus Gubernur Pemprov Sulut Prof Dr Philoteus Tuerah yang juga Rektor Unima Periode tahun 2008-2016, para Guru Besar, para Dekan Fakultas, Direktur Pasca Sarjana, seluruh Civitas akademika Unima, jajaran Pemkab Minut Sekdakab Minut Ir Jemmy Kuhu MA, Kepala Bapelitbang, Kepala Dinas Pendidikan, Kadiskominfo, Kadis Perhubungan, Kabag Hukum dan Pejabat admistrator dan Pejabat pengawas lainnya.

sumber: http://www.sulutexpress.com/2020/10/14/pemkab-minut-teken-mou-dan-moa-bersama-unima/