Tim PKM-RSH Unima Pendidikan Sejarah Teliti Peran Komunitas Kabasaran Pertahankan Identitas

tim-pkm-rsh-unima-pendidikan-sejarah-teliti-peran-komunitas-kabasaran-pertahankan-identitas

Last Updated on September 1, 2021 by administrator

Tim PKM-RSH Unima Jurusan Pendidikan Sejarah melakukan penelitian tentang peranan komunitas Kabasaran dalam mempertahankan identitas Minahasa di Tondano.

Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) Universitas Negeri Manado (Unima) ini beranggotakan empat mahasiswa. 

Penelitian ini  memaparkan pentingnya tarian kabasaran sebagai identitas Minahasa yang perlu dipertahankan.

Namun, di era teknologi informasi saat ini, ditemukan makin rendahnya minat masyarakat melestarikan tarian khas Minahasa ini.

Untuk itulah tim riset PKM-RSH Unima mengangkat penelitian dari sudut pandang lain.

Yaitu melihat upaya-upaya kreatif yang dilakukan oleh komunitas Kabasaran Tou’Lour Waya di Tondano, dalam mempertahankan eksistensi mereka ini di tengah ancaman era digitalisasi dan situasi pandemik saat ini.

Tahapan riset ini diawali dengan mengambil data dari komunitas Kabasaran Tolo’Lour Waya yang ada di Tondano.

Kemudian dilanjutkan dengan mewawancarai pemangku kebijakan dari pemerintah daerah, lalu mengumpulkan pendapat dari tokoh adat dan masyarakat Minahasa.

Dalam penelitian ini tim menemukan berbagai upaya telah dilakukan komunitas Kabasaran.

Hal itu seperti menanamkan sikap cinta budaya dan tidak merasa malu untuk menampilkan tarian ini di depan publik merupakan usaha mereka untuk tetap menjaga tradisi leluhur.

Selain berperan mempertahankan tari kabasaran sebagai tradisi, komunitas ini juga berperan membawa tarian ini dikenal sampai di luar Minahasa

Hal ini dibuktikan dari beberapa kegiatan yang diikuti oleh komunitas tari kabasaran, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman pada masyarakat khususnya masyarakat Tondano tentang pentingnya peran komunitas tari kabasaran dalam mempertahankan eksistensi tarian kabasaran.

Di mana tarian kabasaran ini menjadi salah satu faktor pembentuk identitas Minahasa, agar masyarakat Minahasa terhindar dari  kehilangan jati dirinya.

Penelitian ini dilaksanakan oleh tim PKM-RSH yang diketuai Meive Kudampa, mahasiswa semester lima.

Sementara anggotanya adalah Elias Lala mahasiswa semester tujuh, Eni Sunarti semester tujuh, dan Refino Naflalia semester tiga.

Dalam melakukan penelitian, keempat mahasiswa ini didampingi dosen pendamping Eka Yuliana Rahman S.Pd, M.Pd.



Artikel ini telah tayang di TribunManado.co.id dengan judul Tim PKM-RSH Unima Pendidikan Sejarah Teliti Peran Komunitas Kabasaran Pertahankan Identitas, https://manado.tribunnews.com/2021/08/31/tim-pkm-rsh-unima-pendidikan-sejarah-teliti-peran-komunitas-kabasaran-pertahankan-identitas?page=all.