August 6, 2020
Call us: +62431-321845, +62431-321846, +62431-321847
unima-siap-utus-peserta-pada-lomba-aplikasi-mobile-kihajar-tahun-2020

UNIMA Siap Utus Peserta Pada Lomba Aplikasi Mobile Kihajar Tahun 2020

Kemendikbud melalui Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) pada hari Rabu, 20 Februari 2020 Pukul 08.00-16.00 melakukan roadsohow sosialisasi kegiatan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar di Gedung B Proggram Studi Informatika Fakultas Teknik Unversitas Negeri Manado. Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan Mahasiswa dan Dosen. Kegiatan ini dibuka oleh Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Dra. Christine T. M. Manoppo, M.A.P, beliau menyambut baik kehadiran Tim Roadshow dan mengapresiasi dipilihnya Unima sebagai salah satu tujuan sosialisasi di Sulawesi Utara.

Tim roadshow Wiwik Aeni, M.Kom selaku pelaksana Festival Mobile Kihajar dan Apsari Retno Wiratni, S.I.Kom memaparkan tentang tugas dan fungsi BPMPK serta jangkauan wilayah kerja secara nasional, BPMPK perlu mempublikasikan keberadaan dan fungsinya agar dikenal oleh masyarakat luas yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Selain itu, program-program yang telah dilaksanakan beserta produk-produknya bisa secara langsung dikenal dan dinikmati oleh sekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan khususnya penguna mobile edukasi. Salah satu strategi publikasi yang ditempuh oleh BPMPK adalah dengan melaksanakan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar. Konsep utama diadakan lomba ini adalah “memberikan apresiasi pada berbagai pihak yang mampu berkontribusi dalam pengembangan aplikasi mobile edukasi dan pemanfaatannya”.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 ini melombakan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba ini merupakan rangkaian acara Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbud. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta program-programnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia. Selain itu Lomba ini bertujuan untuk (1) Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat mobile/handphone, (2) Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran berbasis mobile sebagai salah satu media pembelajaran alternative, (3) Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi, (4) Membentuk komunitas pengembang untuk memperkaya konten pendidikan di internet, (5) Lomba Aplikasi Mobile Kihajar yang dulunya bernama Lomba Mobile Edukasi. Lomba ini melombakan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba ini di selenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan dan merupakan rangkaian acara Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbud. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta program-programnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 terdiri dari 4 kategori, yakni Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya, Kategori Guru bertema mata pelajaran, Kategori Umum bertema V-Lab, dan Kategori Umum bertema Game Edukasi. Llomba pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet. Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya, Grand Final/Penjurian dan Penyerahan hadiah. Dengan waktu pendaftaran dan pengumpulan karya dilaksanakan pada 1 Maret sampai dengan 31 Mei 2020 secara online di m-edukasi.kemendikbud.go.id

Diakhir kegiatan ini dalam sambutannya, Kaprodi Informatika Ibu Gladly C. Rorimpandey, ST, MISD mengemukakan bahwa mahasiswa/i sudah banyak menghasilkan produk Multimedia untuk pembelajaran, maka dengan adanya kegiatan ini diharapkan hasil karya Mahasiswa bisa dilombakan guna mendukung kemajuan pendidikan Nasional.

Tondano, 20 Februari 2020
Media Center UNIMA
No: 002/MCU/II/2020 – JDT/VPR