• Kampus Unima, Tondano

Wakapolda Sebut Unima Menjadi Central of Excellent

wakapolda-sebut-unima-menjadi-central-of-excellent

Last Updated on October 22, 2021 by administrator

Program percepatan vaksinasi terus digenjot. Kali ini Universitas Negeri Manado (Unima) menjadi salah satu gerai vaksinasi massal.

Kegiatan ini merupakan inisiasi antara Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara), Pemkab Minahasa, TNI/Polri dan Unima yang masih dalam rangka Dies Natalis ke-66 yang dilaksanakan di gedung Auditorium Walanda Maramis Unima, Selasa (19/10).

Berdasarkan data yang dirangkum, jumlah mahasiswa dan masyarakat yang divaksin berdasarkan PCare Polres Minahasa yakni 249 orang ditambah dengan PCare Dinas Kesehatan Minahasa sebanyak 360 orang sehingga total yang divaksin sebanyak 609 orang.

Pada kesempatan tersebut, Wakapolda Sulut Brigjen. Pol. Jhonny Eddizon Isir mengungkapkan, bersyukur karena kegiatan vaksinasi di kampus Unima boleh berjalan dengan baik.

“Vaksinasi ini merupakan wujud dari kolaborasi mapalus semua komponen masyarakat, baik Unima, Ikastara, Satgas Covid-19, Dinkes, Polda, Kodam dan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya semangat kolaborasi ini patut diapresiasi, karena kita tidak bisa bergerak sendiri untuk pelaksanaan apalagi target percepatan vaksinasi, karena tidak bisa jalan sendiri-sendiri.

“Saya berterima kasih dan apresiasi kepada rektor, bupati, Polres Minahasa, Dandim, Ikastara yang kemudian berkolaborasi untuk suksesnya vaksinasi ini,” kata Wakapolda.

Lebih lanjut dia menjelaskan terkait proses kuliah tatap muka yang nantinya akan segera berlangsung, diharapkan agar setiap komponen yang terlibat di dalamnya baik dosen dan mahasiswa serta komponen yang lain sudah divaksin minimal dosis pertama.

“Datangi sentra vaksin untuk divaksin, jika masih ada keluarga yang belum melakukan vaksinasi ayo segera vaksin. Mari kita meningkatkan lajunya vaksinasi yang ada di Sulut,” tuturnya.

Dirinya menyebutkan, mempercepat penanggulangan penyebaran Covid-19 adalah hal pertama yakni dengan vaksinasi, dan yang kedua yaitu dengan langkah-langkah menanggulangi wabah melalui tracing, testing dan treatment.

“Nantinya ini ada kaitan dengan bagaimana menjadikan new normal menjadi bagian dari kita sampai pandemi ini menjadi endemi,” sampainya.

“Kita bersyukur situasi Covid-19 di Tondano landai, namun kita tidak boleh berpuas diri,” tegasnya.

“Saya mengajak kawan-kawan dari Unima, ibu rektor, adik-adik mahasiswa dan dosen berkolaborasi bersama Pemkab Minahasa, Pemkot Tomohon serta Pemprov Sulut. Ayo kita berkolaborasi untuk menekan pandemi Covid-19,” imbuhnya.

“Saya yakin dan percaya Unima dapat menjadi central of excellent (pusat layanan unggulan) bukan cuma di Sulut, tapi juga ke tingkat lebih luas,” tegas wakapolda.

Sementara itu, Rektor Unima Prof. Dr. Deitje A. Katuuk MPd mengucapkan terima kasih kepada Ikastara, panitia Dies Natalis, perbankan, TNI/Polri, Pemkab Minahasa termasuk Dinas Kesehatan, serta elemen masyarakat yang sudah menunjang hingga suksesnya kegiatan vaksinasi massal ini.

“Terima kasih untuk semua pihak yang sudah menyukseskan dan mengikuti vaksinasi hari ini. Terutama kepada bapak wakapolda, Polres Minahasa dan jajaran serta Kodim Minahasa dan jajaran yang telah melakukan pengamanan,” tutur rektor.

Pastinya, tambah rektor, Unima telah siap melaksanakan perkuliahan tatap muka pada bulan November mendatang. “Dengan ditargetkannya pelaksanaan vaksinasi massal ini, sudah dipastikan Unima telah siap melaksanakan kuliah tatap muka, dan bagi mahasiswa yang mungkin belum vaksin segera ikuti di pelayanan kesehatan yang disediakan pemerintah,” terangnya.

Dandim 1302/Minahasa Letkol. Inf. Andi Amino Sinaga menjelaskan, sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa dengan masyarakat seputar kampus.

“Sebelum kuliah tatap muka, diyakini betul bahwa mahasiswa sudah divaksin. Karena ini sudah program dari pemerintah, dan petunjuk pimpinan baik TNI/Polri dan Kemendikbud Ristek,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, dengan adanya proses kuliah tatap muka nanti semua civitas akademika Unima telah divaksin.

Kegiatan turut dihadiri Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Dr. Donal M. Ratu SPd, MPd selaku ketua panitia Dies Natalis, Dekan Fakultas Teknik Dr. Eddy Kembuan, MPd sebagai sekretaris panitia Dies Natalis, Kepala Dinkes Minahasa dr. Maya Rambitan, Wakapolres Minahasa Kompol Adi Edwin Hariawang, Kasatreskrim AKP Edy Susanto, Kasat Intelkam AKP Destam Dumat, Kabag Umum Unima Vivi Saroinsong, Humas Unima Drs. Titof Tulaka SH, MAP serta mahasiswa dan masyarakat yang hendak mendapatkan vaksinasi. 

Artikel ini telah tayang pada media online gawai.co