Tingkatkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa, Unima Kembali Gelar Pelatihan Kewirausahaan


  • 3 November 2023
  • Admin

Universitas Negeri Manado (Unima) melaksanakan pelatihan kewirausahaan, bertempat di Wale Christian Kaima, Minahasa Utara, Kamis (2/11/2023).

Rektor Unima Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Dr. Donal Matheos Ratu, S.Pd, M.Hum., dalam sambutannya mengatakan pelatihan ini menjadi langkah strategis untuk memastikan pengembangkan diri mahasiswa dalam membuka usahanya.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membangkitkan motivasi wirasuaha dan membantu menemukan ide-ide usaha dan merancang sebuah rencana usaha. Selain itu, pelatihan ini juga dapat  mengembangkan diri dan membuka usahanya sendiri,” ujar Donal.

Lebih lanjut, mantan Dekan FBS ini membeberkan, adaptasi terhadap lingkungan sekitar sangat perlu dalam melihat pulang berusaha.

“Kita mempunyai sejumlah tempat yang berpotensi termasuk objek usaha, tetapi belum disentuh oleh mahasiswa untuk mengelolah dan menjadikannya sebagai peluang bisnis,” jelas Donal.

Menurutnya, diselenggarakan kegiatan ini guna meningkatkan kompetensi untuk membuat proposal kewirausahaan.

“Kegiatan ini juga melatih penyusunan proposal wirausaha yang berasal dari ide, kreativitas, dan inovasi tentang produk baru maupun mengembangan produk . Sehingga produk yang dihasilkan baik barang atau jasa akan memiliki ciri khas yang berbeda dengan produk pesaing. Selain itu, usaha tersebut memang sanat dibutuhkan, terang Donal.

Ia pun berharap, kalangan generasi muda khusus mahasiswa Unima dapat merespon serta menangkap peluang-peluang wirausaha.

“Manfaatkanlah kesempatan berharga, yakni pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas wirausaha baru industi kecil dan menengah di Unima”, tutup Donal.

Penulis: Abner Bawonte
Artikel ini telah tayang pada narasinews.co.id