Konsentrasi Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Sulut, Rektor Unima Lepas 633 Mahasiswa PPL dan PLP


  • 8 Maret 2024
  • Admin

Sebanyak 633 peserta Praktik Pengalaman Lapangan ( 2 reguler dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Semester genap tahun 2023/2024, dilepas, Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje A. Katuuk MPd, pada Kamis (7/3/2024), bertempat di Auditorium Walanda Maramis Unima.

Dalam acara tersebut, Rektor Unima menekankan pentingnya menerapkan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan jenjang pendidikan formal dan peraturan sekolah, sehingga peserta dapat mengalami pengalaman belajar yang nyata selama 4 bulan.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje A. Katuuk MPd, menyampaikan harapannya kepada mahasiswa PPL dan PLP agar dapat menjalani masa pengalaman di lapangan dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi.

“Saya berharap agar mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah ke dalam praktik di lapangan dengan baik, sehingga dapat memberikan kontribusi yang positif bagi dunia pendidikan di Sulawesi Utara,” kata dia.

“Selain itu, dia juga berharap agar mahasiswa mampu menjadi agen perubahan yang dapat membawa dampak positif bagi sekolah-sekolah tempat mereka melaksanakan PPL dan PLP,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Unit Penunjang Akademik (UPA) PPL 2/PLP, Prof. Dr. Herry Maurits Sumampouw, melaporkan peserta berasal dari 7 fakultas dengan melibatkan 280 Dosen Pembimbing Lapangan yang tersebar di 170 sekolah dari tingkat TK hingga SMA di tingkat 2 Provinsi Sulawesi Utara.

PPL 2/PLP, menurut Sumampouw, dianggap sebagai kulminasi dari apa yang diperoleh selama kuliah, yang kemudian dapat diterapkan di sekolah latihan.

“Peserta akan menerima sertifikat setelah mengumpulkan laporan dan produk pembelajaran, yang bisa berupa modul ajar, media, atau bentuk lain yang dapat menunjang pendidikan,” ujarnya.

Tema kegiatan ini adalah “Penguatan Pendidikan dengan PPL 2/PLP MBKM Mapalus Menuju Indonesia Emas,” menekankan pentingnya pendidikan untuk mencapai Indonesia Emas melalui program PPL dan PLP ini.

Foto: Istimewa
Penulis: Mart Rasuh
Telah tayang di media: gawai.co.id