Unima Gelar Apel Perdana 2024, Katuuk Sebut Tingkatkan Mutu Pendidikan jadi Tantangan Bersama


  • 4 Januari 2024
  • Admin

MINAHASA – Universitas Negeri Manado (Unima) melaksanakan apel perdana, bertempat di Halaman Kantor Pusat Unima, Kamis (4/1/2024).

Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., dalam sambutannya mengucapkan selamat tahun baru 2024.

“Di tahun 2023 kita semua telah memberikan yang terbaik untuk Unima, sehingga keberhasilan demi keberhasilan telah kita raih bersama. Untuk itu, selaku Rektor, pribadi, dan sekaligus keluarga menyampaikan selamat tahun baru 2024,” ucapnya.

Katuuk menyebutkan, Unima telah berhasil memenangkan berbagai program kompetitif dan diberi kepercayaan oleh pemerintah melalui Ditjendikti di tahun 2023.

“Pemerintah melalui Ditjendikti mempercayakan Unima untuk melaksanakan program revitalisasi PTN tahun 2024 yakni suatu program revitalisasi bagi PTN BLU, sebagai persiapan menuju PTN BH senilai Rp 44,4 miliar, dan juga PKKM tahun 2023 sebesar Rp 1,3 miliar, dan tahun 2024 nanti sebesar Rp 2,4 miliar untuk prodi Pendidikan Matematika. Unima juga dipercayakan untuk menyelenggarakan program RPL, dan di tahun 2024 ini, Unima mengikuti program PKKM dengan dana sebesar Rp 5,4 miliar rupiah,” sebut Rektor Unima.

Dirinya juga menyampaikan bahwa, di tahun 2024 ini tugas berat tengah menanti kita semua.

“Unina terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan menjadi tantangan bersama ke depan, sesuai dengan Permendikbudristek No 53 Tahun 2023 tentang sistem lenjaminan mutu pendidikan tinggi, Unima akan mengajukan permohonan akreditasi institusi, dan akreditasi beberapa program studi yang telah disiapkan untuk memperoleh akreditasi Unggul,” jelasnya.

Disisi lain, Katuuk mengatakan di bulan februari tahun 2024 telah disiapkan sebanyak 23 mahasiswa Unima untuk magang dibeberapa perusahaan di Jepang.

“Unima siap membantu menyediakan bantuan dana untuk kegiatan ini,” lanjut Katuuk.

Ia pun berharap, para guru besar di Unima memanfaatkan program visiting professor tersebut.

“Selaku Rektor saya berharap kepada bapak dan ibu guru besar di Unima untuk menimbah pengalaman di luar negeri. saya percaya bahwa Unima tidak kalah dengan para guru besar di perguruan tinggi di luar negeri,” tandas Katuuk.

Pada kesempatan tersebut, turut dihadiri oleh Ketua Senat Unima, Prof. Dr. Herry Sumual, M.Si, Sekertaris Senat Unima, Prof. Dr. Beatrix Jetje Podung, M.Kes, Ketua Tim Pengembang, Prof. Dr. Sjamsi Pasandaran, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Umum, Prof. Dr. Sanusi Gugule, M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Donal Ratu, MHum, Ketua SPI, Prof. Dr. Philoteus Tuerah, M.Si., DEA, Dekan FISH Unima Recky H. E. Sendow, SP., MM., Ph.D, Dekan FIKKM Prof. Dr. Theo W. E. Mautang, M.Kes., AIFO, Dekan FIPP, Prof. Dr. Harold Lumapow, M.Pd, Dekan FBS, Dr. Ignatius Javier C. Tuerah, S.S., M.Pd, Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Tinneke E. M. Sumual, MS, Kepala LPPM, Dr. Armstrong Sompotan, S.Si,M.Si., Kepala LP3M, Dr. Patricia M. Silangen, S.Pd, MSi, Kepala Unit Penunjang Akademik Pengembangan Karier dan Kewirausahaan, Dr. Meidy Santje Selvy Kantohe, SE.Ak, MSi, Plt. Karo Perencanaan Dra. Vivi Saroinsong, MAP., dan Kepala Humas Unima Drs. Titof Tulaka, SH, MAP. (JM)

 

Sumber  : https://trendingnews.co.id/unima-gelar-apel-perdana-2024-katuuk-sebut-tingkatkan-mutu-pendidikan-jadi-tantangan-bersama/