Tahun Baru Sejarah Baru, Tim Debat EDS Unima Raih Prestasi di WUDC Ho Chi Minh City, Vietnam


  • 14 Januari 2024
  • Admin

Tim debat English Debating Society (EDS) Universitas Negeri Manado (Unima) raih prestasi membanggakan di World Universities Debating Championship (WUDC) di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Anggota tim debat Unima yakni Fabiano Salettia mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman dan Ichiko Wenas mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris serta Jenerio Mokalu Wakil Juri Institusi Unima.

Sebelumnya, tim debat ini juga telah membawa nama Unima di sirkuit debat internasional maupun nasional misalnya ditahun 2021 Malaysia British Parliamentary, ditahun 2022 Serbia World Universities Debating Championship, ditahun 2023 Indonesia National University Debating Championship dan diawal tahun 2024 Vietnam World Universities Debating Championship.

Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M. Pd., menyampaikan rasa bangga dengan segala pencapaian yang didapatkan oleh beberapa tim debat Unima.

“Kami sangat mengapresiasi segala pencapaian mahasiswa kami dan kami harapkan ini yang memicu kita untuk terus lebih baik lagi kedepannya,” ucap Katuuk. Kamis, (11/1/2024).

Menurut Katuuk, segala pencapaian tersebut tidak lepas dari kerja sama seluruh pihak yang ada di Unima khususnya dosen dan seluruh pembimbing dari tim debat tersebut.

“Pencapaian ini menjadi bukti keberhasilan dari apa yang kita lakukan selama ini dan prestasi ini sangat membanggakan bagi Unima,” tuturnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Donal Matheos Ratu, M.Hum., mengungkapkan apresiasi Unima khusus dibidang kemahasiswaan atas kerja keras tim debat Unima sehingga mencapai kejuaraan debat tingkat dunia.

“Terima kasih telah membawa nama Unima di kancah Internasional. Semangat untuk bisa meraih yang terbaik di kompetisi selanjutnya, jika dalam prosesnya kita meraih hasil sesuai yang diharapkan tidak boleh menjadi sombong,” ungkap Donal.

Mantan Dekan FBS tersebut, mengakui perjalanan tim debat Unima merupakan proses yang tidaklah mudah untuk membawa nama Unima diajang debat internasional.

“Tidak mudah menjadi tim yang namanya disebut di WUDC. Unima bangga walaupun lelahnya luar biasa,” jelasnya.

Senada dengan itu, Jenerio Mokalu selaku perwakilan tim debat Unima menyampaikan rasa bangga bisa mewakili Unima dikejuaraan debat tingkat dunia Vietnam WUDC tahun 2024 di FPT University HCM Ho Chi Minh City Vietnam sebagai tuan rumah.

“Kita tim debat Unima sangat bangga bisa membawa nama Unima terbang ke ajang debat internasional, terima kasih kepada Ibu Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, M.Pd dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Bapak Dr. Donal Matheos Ratu, S.Pd., M.Hum atas kepercayaan dan dukungannya kepada tim debat Unima English Debating Society,” ujarnya.

“Terima kasih juga kepada Fabian Pascalis Salettia d Ichiko sebagai debater pertama Unima yang berkompetisi diajang WUDC,” tandas Jenerio. 

 

 

Artikel ini telah tayang pada media terberita.com